Wajib Tahu! Rahasia Bisnis Online Sukses ala Jack Ma

Wajib Tahu! Rahasia Bisnis Online Sukses ala Jack Ma

Sosok Jack Ma tentu sudah tak asing lagi di ranah bisnis online. Pria asal China ini merupakan salah satu pebisnis Asia yang sukses merintis marketplace Alibaba. Marketplace yang dikembangkan sejak tahun 1999 tersebut dinobatkan sebagai marketplace tersukses dengan dana mencapai 289,9 triliun rupiah.

Semua orang pasti penasaran dengan rahasia bisnis online sukses ala Jack Ma. Kalau Anda termasuk orang yang berbisnis di bidang online, rahasia bisnis sukses Jack Ma berikut ini tentu akan menjadi pembelajaran penting bagi Anda:

Membangun Sistem Bisnis yang Efektif

Semua bisnis membutuhkan sistem yang jelas dan efektif agar dapat berkembang pesat. Inilah yang membuat Jack Ma sangat memperhatikan sistem bisnis online yang dikelolanya. Dahulu, Jack Ma juga pernah keliru menentukan sistem sehingga bisnisnya mengalami defisit. Namun, hal tersebut menjadi pembelajaran berharga dalam mengembangkan bisnis. Salah satu rahasia bisnis online sukses ala Jack Ma adalah menetapkan pondasi sistem yang baik untuk urusan pengaturan karyawan, keuangan, persediaan barang, dan hal-hal kecil lainnya.

Menjalin Relasi Bisnis yang Besar

Sebuah bisnis tak akan bisa berkembang pesat bila tidak dilengkapi dengan jalinan relasi yang besar. Jack Ma senantiasa menekankan pentingnya relasi bisnis dengan pihak lain. Jalinan relasi yang baik akan memperbesar peluang untuk mendapatkan investasi. Anda jadi tak perlu resah bila mengalami keterbatasan modal saat mengembangkan bisnis. Sebab kini banyak investor yang mampu memberikan pendanaan kepada bisnis yang prospeknya cemerlang di masa mendatang.

Cermat Memilih Pekerja

Anda tak harus memilih pekerja yang sangat pintar untuk menjalankan bisnis Anda. Sebab Anda hanya membutuhkan pekerja yang rajin, jujur, mau belajar, dan disiplin. Kompetensi kerja harus disertai dengan perilaku yang baik dan rendah hati. Sehingga Anda pun tak kesulitan menyampaikan kritik dan saran mengenai kinerja para pekerja Anda. Rahasia bisnis online yang satu ini menuntut Anda untuk bahu-membahu bersama para pekerja pilihan Anda.

Jangan Ragu Berbaur dengan Bawahan

Rahasia bisnis online sukses dari Jack Ma yang berikutnya adalah berbaur dengan lingkungan kerja bawahan. Ide-ide bisnis tentu tak selalu berasal dari pemilik bisnis. Bisa saja Anda memperoleh ide bisnis yang brilian dari opini bawahan Anda. Itulah sebabnya Anda harus lebih peka mengenali karakteristik bawahan. Jangan ragu berbaur dengan lingkungan kerja bawahan demi mengetahui hal-hal yang diinginkan oleh bawahan Anda. Kalau bawahan Anda merasakan kepuasan kerja, produktivitasnya tentu akan meningkat dan berpengaruh positif bagi bisnis Anda.

Kemampuan untuk Melakukan Branding

Upaya branding bisnis juga menjadi hal penting yang tak boleh luput dari perhatian Anda. Karena kemampuan branding juga berdampak besar pada portofolio bisnis Anda. Bangunlah sebuah bisnis online yang kokoh dengan branding yang mudah dikenali semua orang. Branding bisnis tersebut akan menjadi ciri khas yang membedakan bisnis Anda dari kompetitor lainnya. Para investor bisnis pun tak akan ragu menanamkan modal pada bisnis yang berpeluang besar dan memiliki ciri khas.

Fokus pada Kebutuhan Pelanggan

Suatu bisnis online yang sukses pasti berorientasi pada kebutuhan pelanggan. Karena bisnis apa pun tak akan bisa berkembang bila tidak memiliki pelanggan. Para pelanggan yang puas akan menjadi pelanggan setia yang membantu mempromosikan bisnis Anda. Semua keputusan bisnis harus diambil berdasarkan orientasi terhadap kebutuhan pelanggan.

Nah, sekarang Anda tahu kan kalau ternyata rahasia bisnis online ala Jack Ma tidak sulit diterapkan pada bisnis Anda. Jangan lupa melakukan inovasi secara berkesinambungan agar bisnis Anda selalu up to date sesuai kebutuhan dan selera pasar. Selamat berbisnis online!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *