Usaha Sampingan Yang Paling Masuk Akal Dilakukan Seorang Karyawan

Usaha Sampingan Yang Paling Masuk Akal Dilakukan Seorang Karyawan

Apakah Anda ingin memiliki usaha sampingan meskipun masih berprofesi sebagai seorang karyawan? Sah-sah saja kok asalkan bisnis yang Anda jalankan tidak mengganggu pekerjaan utama.

Sayangnya, banyak orang yang gagal dalam menyeimbangkan antara pekerjaan utama dengan bisnis sampingan yang mereka jalankan. Ada yang lebih fokus di bisnis sehingga pekerjaan utama seolah terbengkalai. Performa di kantor menurun dan sering mendapatkan teguran dari atasan. Ada juga yang sebaliknya. Usaha yang mulai dijalankan seolah jalan di tempat atau bahkan sama sekali tidak menghasilkan karena bagaimanapun juga waktu tersita untuk pekerjaan utama.

Untuk itu, ada tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga keseimbangan tersebut. Jadi, Anda tetap bisa menjadi seorang karyawan yang bisa memenuhi semua tanggungjawab yang atasan berikan. Di sisi lain, bisnis sampingan yang Anda jalankan bisa tetap berjalan dengan baik.

 

  1. Pilih Bisnis Sampingan Yang Tidak Butuh Banyak Kontrol

Apapun bisnis yang Anda jalankan, salah besar jika Anda menyerahkan langsung kepada orang lain. Bagaimanapun juga, Anda harus terlibat secara langsung.

Banyak orang yang menjalankan bisnis dan berakhir dengan kegagalan karena mereka sepenuhnya mendelegasikan kepada orang lain. Apapun usahanya, meskipun itu usaha sampingan yang kecil, Anda harus kontrol secara langsung.

Karena Anda seorang karyawan di mana tidak mungkin Anda mengontrol sepanjang waktu, Anda harus memilih sebuah usaha sampingan yang memang tidak butuh kontrol yang terlalu penuh. Contohnya saja usaha dropship. Ini jenis usaha online di mana Anda hanya memasarkan saja. Jika ada yang pesan, maka pihak yang memiliki produk yang akan mengatur, mulai dari packaging hingga delivery.

Akan tetapi, Anda juga hati-hati dalam memilih produk dropship. Tentu saja Anda ingin mendapatkan pendampatan tambahan yang lumayan banyak, bukan? Pastikan Anda memilih sebuah produk yang memang banyak orang cari. Misalkan saja produk kecantikan. Ini kategari produk yang tidak ada matinya.

 

  1. Kerjasama

Ini beda dengan mendelegasikan seseorang untuk mengurus bisnis sampingan Anda. Dengan cara kerjasama, orang yang Anda ajak memiliki tanggungjawab. Jika ia bekerja dengan baik, maka ia pun akan mendapatkan keuntungan. Jika rugi, ia juga menanggungnya. Dengan demikian, ada rasa memiliki sehingga orang tersebut tidak akan menjalankan bisnis Anda dengan seenaknya sendiri.

Dalam hal ini, harus jelas apa porsi Anda dengan orang yang Anda ajak untuk bekerjasama. Mungkin Anda menyediakan uang sebagai modal. Sementara itu, orang lain yang menjalankan. Untung dibagi dengan prosentasi yang sudah ditentukan di awal.

Cara ini jauh lebih aman karena Anda sama sekali tidak harus mengontrol sepenuhnya. Anda bisa tenang menjalankan aktivitas sebagai karyawan. Saat waktu luang, Anda bisa ikut mengawasi dan mengecek bagaimana perkembangan bisnis yang Anda jalan.

 

  1. Pemasaran

Ada banyak sekali produsen yang mencari tenaga pemasar. Mereka tidak harus menjadi karyawan tapi yang terpenting ada sales. Ini bisa Anda jadikan peluang usaha Anda. Jika Anda sedikit tahu mengenai internet marketing, Anda bisa menawarkan jasa pemasaran kepada produsen. Buat toko online dan siapkan media yang dibutuhkan untuk pemasaran.

Jenis usaha ini sangat mungkin dilakukan oleh seorang karyawan. Pasalnya, iklan sudah jalan. Produk sudah dipasarkan secara online. Anda bisa tenang bekerja. Setiap kali ada order yang masuk, serahkan saja pada produsen untuk melakukan follow up.

Kira-kira, bisnis sampingan mana yang akan Anda coba lakukan?

Terlepas dari hal tersebut, Anda harus mengusai pemasaran. Dalam bisnis, pemasaran itu yang paling penting. Banyak pengusaha atau pebisnis yang bangkrut karena tidak mampu melakukan pemasaran secara tepat.

Dan sekarang ini, sudah ada media online yang bisa Anda manfaatkan. Yang terpenting, Anda mengolah bagaimana Anda bisa memanfaatkan media online tersebut untuk berbisnis. Ada website, blog, media sosial, dan media lainnya yang bisa Anda maksimalkan untuk mendapatkan calon konsumen.

Adapun jenis usaha sampingan yang masuk akal untuk dikerjakan oleh seorang karyawan, jumlahnya sangat banyak. Ada reseller, dropship, affiliate, dan lain sebagainya. Namun, yang terpenting, Anda harus perhatikan 3 hal tersebut di atas.

Kesalahan Yang Sering Terjadi

Setiap orang pasti ingin mendapatkan pendapatan tambahan ketika memutuskan untuk memiliki sebuah usaha sampingan. Sayangnya, mereka menganggap usaha sampingan yang menghasilkan itu sebuah usaha yang bisa dikerjakan sendiri. Mereka tidak perlu bekerjasama denga orang lain lantaran  hal tersebut bisa memuat pendapatannya berkurang karena harus berbagai profit.

Padahal, hampir semua bisnis berkembang cepat saat ini berdasarkan prinsip sharing profit atau berbagi hasil. Jadi, ada hasil yang bisa dinikmati oleh semua yang terlibat. Dan ini bisa membuat sebuah pekerjaan lebih mudah dikerjakan. Dan yang pasti, pekerjaan seperti itu lebih masuk akal untuk dilakukan oleh orang seperti Anda yang menjadi karyawan yang harus pergi ke kantor pagi dan pulang di sore hari. Anda tidak punya waktu untuk mengurus bisnis. Dan solusinya adalah menerapkan sharing profit.

Kesalahan ini tidak boleh Anda lakukan. Jangan menganggap usaha sampingan yang menghasilkan itu sebuah usaha yang minim pengeluaran dan maksimal pendapatan. Akan lebih baik Anda mendapatkan pendapatan yang sedikit dari usaha tersebut namun kontinyu. Kemudian, pada suatu saat ini, Anda bisa pikirkan untuk scale up agar sharing profit semakin besar. Jadi, Anda diuntungkan. Orang yang diajak bekerjasama juga mendapatkan untung.

Jadi, harus dipahami betul bagaimana menjalankan sebuah usaha sampingan bagi Anda seorang karyawan.

2 thoughts on “Usaha Sampingan Yang Paling Masuk Akal Dilakukan Seorang Karyawan

  • July 5, 2018 at 7:28 am
    Permalink

    Bagus banget infonya bagi kita2 ni yg mau buat usaha tpi bingung usaha apa yg cocok di sela aktifitas kerja kita yg padat

    Reply
    • July 10, 2018 at 3:26 pm
      Permalink

      Kalau untuk orang yang sibuk, paling cocok kalau menurut saya adalah bisnis online affiliate (perantara), misalnya menjadi member premium di SB1M ini sehingga bisa menjalankan Bisnis Online Affiliate SB1M.

      Salam,
      RahasiaBisnisSuskes.com

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *