SEO Off Page: Membangun Backlink Yang Berkualitas

SEO Off Page: Membangun Backlink Yang Berkualitas

Jika Anda tahu mengenai SEO, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah membangun backlink. Mereka yang sudah berkecimpung di bidang digital marketing, khususnya yang menerapkan SEO akan sekuat tenaga untuk membangun sebuah backlink. Mereka siapkan puluhan atau bahkan ratusan backlink supaya situs yang dioptimasi bisa rangking di Google. Tujuan akhirnya tentu saja agar situs nangkring di halaman pertama mesin pencarian Google. Kalaupun ada kompetitor yang mencoba menggeser situs tersebut, kompetitor tersebut tidak akan berhasil.

Untuk hasil seperti itu, dibutuhkan backlink yang berkualitas. Sayangnya, banyak orang yang serampangan dalam membangun backlink. Mereka hanya sekedar membuat blog yang kemudian di link-an ke situs yang dioptimasi. Apa yang mereka lakukan sia-sia belaka. Bahkan, banyak situs yang bukannya mendapatkan rangking tapi justru terkena pinalti.

Untuk itu, membangun backlink berkualitas harus dilakukan. Ini bukan hanya sekedar kuantitas tapi juga kualitas. Bisa saja satu backlink berkualitas lebih powerful daripada ratusan backlink tapi dari blog yang authority rendah. Namun, bukankah lebih baik membuat banyak backlink dengan high authority?

Tentu saja butuh waktu yang tidak sedikit untuk membangun backlink yang berkualitas tersebut. Jika Anda tahu teknisnya, Anda tidak akan buag-buang waktu. Selain itu, dengan teknik yang tepat, Anda bisa memanfaatkan waktu yang tidak harus lama untuk membangun sebuah backlink berkualitas.

 

Panduan Singkat Membangun Backlink Berkualitas

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, banyak digital marketer yang serampangan dalam membuat backlink. Mereka asal membuat link dari banyak blog. Padahal, kualitas harus diperhitungkan. Apa yang membuat backlink itu berkualitas? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Link Diversity

Dari namanya saja, Anda bisa menebak apa itu link diversity. Ini adalah pembuatan link dengan variasi yang cukup banyak. Backlink yang bervariasi akan membuat situs ranking dengan lebih mudah dan tahan lama.

Lalu, variasi dalam hal apa? Salah satunya dalam hal domain. Anda tidak hanya harus membuat backlink dari satu jenis domain saja. Gunakan domain yang bermacam-macam.

Selain itu, variasi juga harus dilakukan dalam hal jenisnya. Ada backlink dofollow dan nofollow. Terlalu banyak menggunakan salah satunya bisa berakibat fatal dalam proses merangking sebuah situs.

Intinya, semakin variatif backlink yang digunakan, maka itu semakin berkualitas cara Anda dalam membangun backlink.

  1. Anchor Text

Banyak orang yang terperangkap dalam keyword. Jadi, ketika mereka ingin mentarget sebuah keyword agar rangking, mereka selalu menggunakan keyword tersebut, entah itu untuk membuat sebuah konten ataupun untuk disisipi link. Padahal, ini berakibat buruk untuk sebuah situs.

Seharusnya, bukan hanya keyword yang tertarget saja yang harus difokuskan. Anchor text yang digunakan seharusnya bervariasi. Anda perlu gunakan anchor text yang relevan dengan keyword utama yang dibidik.

  1. Sumber Relevan

Pada intinya, SEO itu akan semkain powerful jika relevansinya juga tinggi. Relevan ini dalam hal apapun, entah itu dalam hal konten yang dibuat ataupun dalam hal backlink.

Saat Anda ingin membuat backlink berkualitas, pastikan sumber backlink tersebut relevan dengan situs yang Anda optimasi. Jangan sampai Anda gunakan backlink berupa situs kecantikan untuk me link ke situs tentang gadget. Seharusnya, situs gadget bisa mendapatkan backlink dari situs yang berkaitan dengan tutorial gadget atau review mengenai sebuah gadget. Itu yang disebut dengan relevan.

Kelihatannya sederhana kan membuat backlink yang berkualitas? Pada kenyataanya tidak demikian. Anda butuh waktu dan tenaga jika memang benar-benar ingin membuat sebuah backlink yang berkualitas.

 

Efek dari Backlink

Ada yang bilang backlink sudah tidak penting lagi. Sebenarnya tidak juga. Yang mengatakan demikian karena mereka tidak begitu bagus dalam melakukan optimasi SEO On Page. Akibatnya, seberapa banyak pun backlink yang dibuat, hal tersebut tidak akan memberikan efek pada sebuah situs.

Bagaimanapun juga, SEO On Page harus diutamakan. Konten yang dibuat harus SEO friendly dan berkualitas. Setelah itu, situs didorong dengan backlink yang berkualitas. Mengandalkan backlink saja jelas bukan hal yang tepat.

Ada beberapa efek dari backlink jika Anda membuat backlink yang berkualitas.

  • Rangking Situs Naik

Google memberikan penilaian pada semua situs. Dan penilaiannya akan semakin bagus jika sumber backlink yang didapatkan dari situs tersebut benar-benar berkualitas tinggi.

  • Trafik Naik

Backlink tidak hanya bagus di mata Google. Backlink juga akan me direct pengunjung ke situs yang mendapatkan link.

  • Situs Semakin Populer

Sekarang ini, sumber backlink tidak hanya dari blog. Backlink bisa saja didapatkan dari media sosial. Biasanya, pengguna media sosial yang suka dengan sebuah situs akan dengan senang hati men share alamat situs tersebut pada akun media sosialnya. Jadi, ini seolah-olah sebagai cara promosi yang mudah. Semakin banyak yang share, maka semakin popular situs Anda.

  • Authority Meningkat

Google lebih memprioritaskan situs yang memiliki authority tinggi. Ini menunjukkan bahwasannya situs tersebut terpercaya. Dan untuk mendapatkan authority yang tinggi, salah satunya adalah dengan mendapatkan backlink yang banyak dan berkualitas.

Setidaknya itulah efek yang akan dirasakan jika Anda membangun backlink berkualitas. Jangan sampai waktu dan tenaga Anda curahkan untuk membuat backlink yang tidak memberikan imbas positif pada situs yang dioptimasi. Akan lebih baik jika Anda pelan-pelan membangun backlink yang penting kualitasnya bagus.

Tentu saja ada banyak hal lain yang juga perlu untuk Anda pelajari mengenai membangun backlink berkualitas. Anda harus terus melakukan upgrading karena dalam dunia digital marketing, perubahan terjadi begitu cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *