Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner via Online

Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner via Online

Rahasia Sukses Menjalankan Bisnis Kuliner via Online Sebenarnya sih saya bukan tipe orang yang benar-benar hobi berwisata kuliner. Rutinitas kerja di kantor sering kali menyita waktu saya dari pagi sampai malam. Namun kalau ada waktu senggang, kadang-kadang saya memanfaatkannya untuk berburu aneka makanan istimewa. Senang sekali rasanya kalau berkesempatan mencicipi ragam makanan yang sedang hits dan disukai banyak orang. Hal-hal seperti inilah yang akan diungkap.

Menurut saya, bisnis kuliner memiliki tantangan tersendiri yang membedakannya dari jenis bisnis lain. Tak sekadar urusan rasa, bisnis kuliner juga harus giat melakukan promosi. Agar semakin banyak orang yang penasaran ingin mencicipi dan akhirnya menjadi pelanggan setia. Kini, banyak sekali bisnis kuliner yang dijalankan via online tanpa toko fisik. Kekuatan dari segi cita rasa, konsep, promosi, dan servis menjadi andalan bisnis kuliner online.

Jika Anda tertarik merintis bisnis kuliner online, berarti Anda harus memahami rahasia suksesnya terlebih dahulu.

 

Kuliner Tradisional Kembali Digandrungi

Mayoritas orang pasti setuju kalau kuliner modern kini mudah ditemui di mana-mana. Anda tinggal masuk ke mall jika ingin membeli roti kekinian, cheesecake khas Jepang, atau thai tea yang sedang tren. Tetapi tidak demikian halnya dengan kuliner tradisional.  Saya bahkan merasa kesulitan bila sedang ingin menikmati kuliner tradisional berkualitas.

Hal inilah yang membuat jenis kuliner tradisional menjadi pilihan produk yang cocok dipasarkan secara online. Sudah banyak contoh bisnis kuliner tradisional yang sukses di ranah online. Anda bisa mengandalkan media sosial bila ingin memperkenalkan produk kuliner Anda kepada khalayak ramai. Sehingga produk kuliner tradisional Anda akan semakin eksklusif karena tidak mudah ditemukan di berbagai tempat.

 

Mencari Testimoni Sebanyak-banyaknya

Anda wajib berterima kasih pada kerabat atau pelanggan yang baru saja mencicipi rasa produk kuliner Anda. Sebab Anda bisa meminta feedback dan testimoni mengenai produk tersebut. Testimoni yang positif adalah bekal penting untuk meyakinkan calon pelanggan lainnya. Jangan ragu mengunggah testimoni tersebut di akun media sosial Anda. Niscaya netizen akan tertarik dengan produk kuliner yang kualitasnya sudah diakui banyak orang.

 

Selalu Bersikap Sopan dan Ramah

Karena Anda tidak memiliki toko fisik, satu-satunya cara berkomunikasi dengan pelanggan tentu melalui aplikasi chat. Anda patut menunjukkan sikap sopan dan ramah kepada semua pelanggan tanpa terkecuali. Hal ini penting dilakukan sebab Anda tak pernah tahu pelanggan mana yang akan memesan dalam jumlah banyak dan bersifat continue. Anda mesti menyiapkan kesabaran dan waktu ekstra ketika berinteraksi dengan pelanggan. Karena tidak semua pelanggan memiliki pengetahuan memadai tentang produk kuliner Anda. Jadi, bersiaplah untuk menjelaskan secara rinci sebelum mendapatkan pesanan dari pelanggan.

 

Jangan Pelit Memberi Diskon

Keuntungan bisnis kuliner online biasanya lebih besar dibandingkan bisnis kuliner konvensional. Karena Anda tidak perlu menyewa tempat bisnis. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda tidak pelit memberi diskon. Anda bisa memanfaatkan momen istimewa seperti anniversary bisnis atau hari belanja online nasional (harbolnas) untuk memberikan diskon kepada pelanggan. Bahkan Anda juga bisa memberi bonus berupa tester produk baru kepada para pelanggan setia. Hal-hal sederhana ini akan membuat pelanggan terkesan dan enggan beralih ke bisnis kompetitor Anda.

Kesimpulannya, Anda tak perlu ragu bila sudah memiliki dasar yang kuat di bidang kuliner. Lakukan inovasi secara berkala supaya bisnis kuliner Anda terus berkembang sesuai tren pasar. Semua bisnis kuliner yang sukses diawali dengan semangat kerja keras dan perencanaan matang. Yuk pelajari teknik bisnis online sebelum merintis bisnis kuliner sesuai passion Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *