Kursus Bisnis Online Di Jakarta Untuk Pemula Maupun Profesional

Kursus Bisnis Online Di Jakarta Untuk Pemula Maupun Profesional

Banyak orang yang ingin sekali ikut kursus bisnis online. Mereka tahu masa depan serba online. Lihat! Sekarang saja hampir semua bisnis dijalankan secara online. Bahkan, para pemain besar yang sudah lama berada di dunia bisnis mengarahkan target yang beda. Mereka tidak lagi mengandalkan cara pemasaran yang kuno. Mereka tahu online adalah masa depan.

Akan tetapi, di mana tempat belajar bisnis online yang kredibel? Ini pertanyaan besarnya. Sebenarnya, banyak tempat kursus yang dijalankan secara online maupun offline. Ada juga para ahli pemasaran online yang mengeluarkan sebuah buku atau ebook yang bisa dibaca oleh siapapun. Tidak jarang juga adanya seminar bisnis online yang diadakan di berbagai kota di Indonesia.

Lagi-lagi pertanyaannya adalah di mana tempat belajar tentang bisnis online yang tepat?

Ukurannya jelas, yaitu kursus tersebut harus mengajarkan mulai dari dasar mengenai bisnis online. Hal mendasar inilah yang seharusnya Anda pahami sebelum melangkah lebih jauh belajar bisnis online.

Apa itu? Salah satu hal mendasar yang wajib dikuasai oleh para digital marketer atau pemasar online adalah kemampuan melakukan riset keyword.

Riset Keyword. Pentingkah?

Jika ditanya apakah penting melakukan riset keyword, jawabannya sangat penting. Para pelaku digital marketing pasti sepakat dengan hal tersebut.

Nah, sekarang Anda harus tahu mengapa riset keyword itu begitu penting. Ibarat kata, Anda sedang berada di sebuah kolam ikan di mana Anda ingin memancing ikan. Apakah Anda tahu jenis ikan apa yang ada di kolam tersebut? Bagaimana dengan ukuran ikan yang kemungkinan Anda dapatkan? Sebelum menyiapkan kail, tentu saja Anda harus tahu tentang semua hal tersebut agar Anda tidak salah dalam memilih kail yang tepat.

Begitulah analogi dari melakukan riset keyword. Jadi, sebagai pemasar online, Anda harus tahu sebenarnya siapa yang Anda target serta produk apa yang diinginkan oleh target market. Riset keyword juga untuk mencari tahu seberapa besar target market Anda.

Dalam sebuah kursus bisnis online, riset keyword ini harusnya diajarkan secara mendalam. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan sebuah riset keyword.

  1. Memanfaatkan Google Adwords: Keyword Planner

Ini cara yang paling lazim dilakukan. Google sebenarnya sudah mempersiapkan alat untuk riset keyword, yaitu Google Keyword Planner. Ini tool yang bisa digunakan siapa saja secara gratis.

Dalam melakukan riset keyword dengan tool yang satu ini, Anda akan mengetahui banyak hal, mulai dari volume pencarian hingga trend pencarian dari waktu ke waktu. Ini akan membuat Anda semakin mudah untuk memutuskan sesuatu atau menentukan produk apa yang akan Anda pasarkan.

Sayangnya, akan banyak sekali orang yang juga menggunakan tool ini. Bisa juga mereka yang notabene adalah kompetitor Anda juga menggunakan tool yang satu ini.

  1. Tool Dari Developer Lain

Jika Anda tidak puas dengan tool yang disediakan oleh Google, Anda bisa gunakan tool yang dibuat oleh developer lain. Ada tool riset keyword yang bisa digunakan secara gratis. Contohnya saja Ubersuggest. Namun, ada beberapa tool riset keyword berbayar.

Apa bedanya? Tentu saja beda. Tool riset keyword berbayar biasanya menyediakan lebih banyak data yang bisa membuat Anda semakin tahu keputusan penting seperti apa yang harus Anda buat. Anda bisa membidik satu atau beberapa keyword yang potensinya lebih bagus lantaran ada banyak data yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Terlepas dari hal tersebut, semua digital marketer bisa saja menggunakan kedua jenis tool tersebut. Lalu, yang membedakan ada pada eksekusi. Ibarat kata, ada bola yang ukuran dan bentuknya sama. Namun, ada bola yang bisa ditendang keras dan tepat ke arah gawang. Ada juga yang tidak. Apa yang membedakan? Benar sekali. Skill dari penendang.

Itulah mengapa Anda juga perlu belajar bisnis online yang tepat. Setelah hal dasar berupa riset keyword Anda kuasai, selanjutnya Anda harus tahu bagaimana cara melakukan eksekusi.

 

Riset Keyword Menentukan Keberhasilan Bisnis Online

Anda bisa bayangkan bagaimana jika ternyata Anda membuat sebuah toko online yang tidak banyak orang cari di dunia maya. Percuma saja, bukan? Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka Anda harus melakukan riset keyword. Ini yang akan menentukan seberapa banyak pencarian para potential customer Anda. Itulah mengapa riset keyword sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis.

Anda sudah tahu bagaimana cara melakukan riset keyword. Akan tetapi, Anda juga perlu tahu ada beberapa jenis keyword.

Yang pertama adalah short tail keyword. Dari namanya saja, Anda bisa menabak, bukan? Ini adalah keyword pendek. Biasanya keyword ini hanya terdiri dari satu atau dua kata saja.

Yang kedua adalah long tail keyword. Keyword ini biasanya terdiri dari lebih dari 2 kata. Mentarget long tail keyword jauh lebih mudah dibandingkan short tail keyword. Ini yang sering dikatakan oleh para ahli bisnis online. Namun, hal tersebut juga tergantung pada tingkat kompetisinya.

Yang ketiga adalah keyword musiman. Ini adalah jenis keyword yang hanya muncul pada momen-momen tertentu seperti hari valentine di bulan februari, ramadhan, dan lain sebagainya.

Yang keempat adalah keyword abadi. Ini jenis keyword yang selalu dicari oleh masyarakat mulai dari dulu, sekarang, hingga masa yang akan datang.

Jenis keyword apa yang sebaiknya Anda bidik? Lagi-lagi ini tergantung bisnis apa yang Anda jalankan serta bagaimana kompetisinya. Untuk mendapatkan jawaban tersebut, Anda sebaiknya mengikuti kursus bisnis online agar tahu lebih komprehensif mengenai hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *