Cuma 3 Kok, Ini Kunci Sukses Berbisnis

belajar membuat konten untuk sosial media dan blog

RBSFellas, seringkali kita mencari – cari bagaimana sih triknya agar bisnis yang dijalankan bisa sukses. Munculnya sosok-sosok businessman yang berhasil berbisnis, sedikit banyak membuat kita jadi termotivasi ingin seperti dia. Tapi bagaimana sih sebenernya rahasia sukses berbisnis, menurut saya cuma 3 aja kok.

” Wah, serius nih masa cuma 3 sih? ” 

Bener loh, cuma 3 aja kok pada dasarnya. Dan nantinya akan berkembang sendiri sesuai kebutuhan dan gaya kamu mengelola bisnis, dalam arti someday you will have the formula. Tapi sebagai dasar, ini adalah 3 poin utama yang membuatmu bisa sukses berbisnis.

  1. Mulai dari mana kamu berada
  2. Gunakan apa yang kamu miliki
  3. Lakukan apa yang kamu bisa

3 Cara Sukses Berbisnis

kursus membuat konten untuk perusahaan dan private

Tidak ada formula khusus yang akan “work” untuk semua orang. Itu sebabnya, ATM alias Amati, Tiru dan Modifikasi menjadi sangat penting dalam dunia bisnis. Jenis produk atau jasa bisa sama, metode pemasaran bisa ditiru. Tapi bagaimana mungkin bisa berbeda kesuksesannya, itulah mengapa perlu personalisasi dalam berbisnis.

Mulai dari Mana Kamu Berada

Tidak harus jadi anak orang kaya untuk sukses berbisnis. Kamu yang saat ini memutuskan resign atau keluar pekerjaan karena keadaan. Bisa menjadi pebisnis yang sukses, ingatlah bagaimana seorang Steve Jobs melahirkan produk Apple yang saat ini punya pasar global dan punya pasarnya tersendiri, berawal dari garasi keluarga Jobs.

Banyak kisah – kisah menarik dan inspiratif para pebisnis yang lahir dari kesederhanaan dan kerja keras. Dimana kamu berada adalah tempat terbaik untuk memulai usaha.

Gunakan Apa Yang Kamu Miliki

Seringkali kita menunda untuk bergerak hanya karena merasa tidak cukup memiliki fasilitas. Di kalangan blogger tempat saya berkembang hingga sekarang, saya menemui sosok-sosok inspiratif yang menulis dari hape mereka dan ketika sudah ada waktu dan uang, akan pergi ke warnet demi mempublish artikelnya.

Pun ada pula salah satu kenalan di dunia fotografi yang mengandalkan handphone untuk berkarya, hasilnya? Dengan kreativitas dan belajar teknik yang tak biasa. Hasilnya selalu luar biasa. Menggunakan apa yang kita miliki, memaksimalkannya menjadi senjata untuk maju adalah cara terbaik untuk memulai bisnis.

Karena jika kita menunggu hingga siap, kita tak pernah siap.

Lakukan Apa yang Kamu Bisa

Saya bisanya masak seblak, maka buatlah seblak yang enak lalu jual. Saya bisanya dagang, maka berjualanlah produk yang bagus. Saya bisanya menulis, maka jadilah penulis yang andal. Lakukan apa yang kamu bisa, karena di situlah kekuatanmu.

Ketika pelatihan foto produk atau pembuatan konten, seringkali ada yang bertanya : Saya bagusnya bikin apa? Saya selalu menjawabnya dengan mantap, apa yang paling kamu kuasai, itulah kekuatanmu.

Tidak ada syarat khusus agar bisnis bisa berjalan. Poin di atas hanya secuil yang mendasar dari motivasi berbisnis dan bergerak maju. Di dalamnya, banyak sekali yang dibutuhkan. Tapi mari buat ini menjadi sederhana, mulai dari sekarang dengan apa yang kamu miliki. Dengan kerja keras dan keberuntungan yang diusahakan, kamu pasti bisa.

Serupa dengan bisnis, membuat konten juga begitu. Mulai dari mana kamu berada, gunakan apa yang kamu miliki dan lakukan apa yang kamu bisa. Kamu bisa menguliknya sendiri, atau belajar membuat konten sebagai jumping start agar kamu semakin mudah, demi efisiensi waktu, dan akan banyak tercerahkan.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *