Cara Ikut Serta Menjalankan Bisnis Online Sebagai Salah Satu Bisnis Digital

Cara Ikut Serta Menjalankan Bisnis Online Sebagai Salah Satu Bisnis Digital

Bisnis online merupakan bisnis digital. Hal ini disebabkan karena bisnisnya dijalankan melalui dunia online, dunia digital. Untuk menjalankan bisnisnya, tentu saja kita pada mulanya harus memiliki komputer, laptop, maupun gadget yang dapat menghubungkan kita dengan internet, koneksi internet, website atau blog sebagai toko online ataupun kantor dalam menjalankan bisnis, serta pengetahuan mengenai bisnis internet marketing.

Banyak orang yang mengatakan bahwa bisnis online atau internet marketing itu mudah. Ada pula beberapa orang yang mengatakan bahwa bisnisnya itu susah. Mudah ataupun susahnya menjalankan bisnis secara online, itu semua tergantung dari cara berbisnis yang diterapkan oleh masing-masing pelakunya. Dasar utama yang diperlukan adalah kemauan untuk selalu belajar dalam menjalani proses berbisnis online dan memiliki sikap mental positif berbisnis online, yaitu kemauan untuk bekerja keras dengan serius, pantang menyerah, memiliki mimpi besar dan terukur, serta memiliki keberanian untuk mengambil resiko. Bila memiliki hal-hal tersebut, maka menjalankan bisnis digital yang dapat menjangkau konsumen secara pribadi, tepat waktu, dan relevan ini nantinya dapat dijalankan dengan lancar.

Ada banyak pilihan jenis-jenis usaha yang bisa dikerjakan di dunia digital ini. Jenis-jenis usahanya mungkin ada yang sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki dan minat yang ingin kamu tuju dalam berbisnis online. Yaitu:

 

  • Bisnis menjalankan blog atau website

Kamu bisa membuat blog yang berhubungan dengan minat dan hobimu. Membangun sebuah blog atau website dengan topik tertentu yang sesuai hobi dan minat sekiranya bukanlah suatu hal yang sulit. Setelah blog ataupun website yang kamu jalankan memiliki banyak pengunjung, kamu bisa mulai memonetize blog atau website-mu dengan banyak cara, seperti; memasang iklan, menjadi publisher, SEO, Google Adsense, dan lain sebagainya. Bila nantinya kamu memiliki blog atau website yang profesional, ini akan bisa memberikan keuntungan yang lumayan besar.

 

  • Membangun toko online

Kamu bisa membangun toko online untuk melakukan bisnis berjualan di internet dengan menjual produk-produk dari produksimu sendiri ataupun produk dari orang lain (reseller atau dropship).

 

  • Menjadi affiliate marketer

Bila kamu sudah memiliki blog namun tidak memiliki produk yang ingin dijual dan ingin tetap bisa menghasilkan uang lebih dari blog, salah satu pilihan yang bisa dijalankan adalah dengan menjual produk milik orang lain atau istilahnya adalah affiliate marketer. Dalam bidang bisnis ini kamu bisa menjual produk fisik ataupun produk digital. Pilih produk yang relevan dengan blog yang kamu jalankan dan mitra kerja yang memiliki penawaran program affiliasi. Setelah dapat yang sesuai, kamu bisa menjalankan bisnis secara online sebagai affiliate marketer.

 

  • Menjadi penulis artikel

Di internet banyak pemilik website yang membutuhkan konten-konten yang terbaru untuk website yang mereka jalankan. Sehingga, profesi sebagai penulis artikel sangat laris dibutuhkan. Bila kamu memiliki kemampuan dalam bidang tulis-menulis, menjajal profesi ini bisa menguntungkan.

Selanjutnya, supaya bisa sukses menjalankan bisnis di dunia digital ini, ada teori dan juga prinsip berbisnis didalam usahanya yang dapat kamu lakukan, diantaranya;

  • Mempelajari prospek bisnis online atau digital ini yang kamu pilih dengan sebaiknya untuk menjamin bisnis yang akan dijalankan. Bila dilihat seandainya prospeknya meredup, buatlah solusi yang tepat supaya bisnis anda bisa tetap berjalan.
  • Memperlakukan bisnis via online secara profesional seperti bisnis-bisnis yang lainnya di dunia nyata. Milikilah sikap “full time” dan mengaplikasikanya dalam mengurus segala hal yang berhubungan dengan bisnis online yang kamu jalankan dan bukan hanya menganggapnya sebagai hobi dan iseng semata. Seperti; melakukan promosi, product testing, pelayanan costumer, website update, email marketing, dan lain-lainnya. Serta, memiliki time management yang baik dan memiliki target market yang ingin dicapai.
  • Melakukan pengamatan hal-hal apa saja yang ada dan bekerja di bisnismu serta hal-hal yang yang tidak ada pada bisnismu supaya bisnismu bisa berjalan dengan baik. Amati pula kemungkinan-kemungkinan yang ada sebagai potensi dalam mengembangkan bisnis.
  • Melakukan promosi dan pemasaran dengan strategi yang tepat.
  • Membuat konten yang menarik dalam website untuk menarik audience dan calon pembeli.
  • Menentukan target yang ingin dicapai dengan melakukan riset pasar untuk mengoptimalkan anggaran dan meningkatkan penjualan.

Itulah info cara ikut serta menjalankan bisnis online sebagai salah satu bisnis digital. Dan bagi yang mau belajar digital marketing atau bisnis online langsung aja ke komunitas ini:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *