Belajar Bisnis Online Sukses dari Kompetitor? Tentu Saja Bisa!

Belajar Bisnis Online Sukses dari Kompetitor? Tentu Saja Bisa!

Persaingan bisnis online yang ketat mungkin sering membuat Anda merasa pesimis. Anda khawatir tidak dapat mengungguli persaingan dan berisiko kehilangan para pelanggan. Perasaan tersebut tentu membuat Anda lebih tekun belajar bisnis online. Karena selalu ada hal-hal baru yang menuntut Anda untuk lebih peka menghadapi dinamika bisnis.

Anda bisa memperoleh pembelajaran berharga tentang bisnis online melalui kompetitor Anda.

Cermati beberapa hal ini ketika belajar bisnis online dari kompetitor. Sehingga Anda bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal:

Mempelajari Klasifikasi Produk Bisnis Kompetitor

Walaupun Anda dan kompetitor menggeluti bidang bisnis yang sama, kemungkinan besar klasifikasi produknya tetap berbeda. Anda patut mempelajari perbedaan produk tersebut secara cermat. Terutama bila produk bisnis kompetitor Anda terbilang lebih sukses meraih perhatian pelanggan. Setelah mempelajari klasifikasi produk kompetitor, kemungkinan besar Anda akan lebih kreatif mengembangkan produk serupa yang lebih sempurna.

Amati, Tiru, Modifikasi

Meniru produk bisnis kompetitor bukanlah hal yang dilarang. Namun, tentu saja proses tersebut harus disertai dengan inovasi. Prinsip Amati, Tiru, Modifikasi (ATM) wajib menjadi pegangan Anda ketika belajar bisnis online dari kompetitor. Setiap produk bisnis pasti memiliki kekurangan masing-masing. Tugas Anda adalah mengamati produk yang tampak sempurna agar bisa meniru dan menghasilkan produk yang jauh lebih sempurna. Jangan sampai Anda meniru hingga hampir 100% dan terbelit masalah hak cipta di kemudian hari. Tunjukkan bahwa Anda adalah seorang peniru yang jauh lebih kreatif ketika berbisnis.

Mencermati Cara Kompetitor Menjalin Komunikasi

Setiap brand bisnis online pasti memiliki cara tersendiri untuk menjalin komunikasi dengan pelanggannya. Hal sederhana ini sebenarnya sangat penting. Karena komunikasi yang efektif akan membuat pelanggan merasa dihargai. Kedekatan pelanggan dengan brand bisnis online merupakan salah satu kunci sukses untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Belajar bisnis online berarti berusaha memahami kedekatan emosional antara brand bisnis dengan pelanggan.

Jangan Lupa Mengintip Proses Pemasarannya

Pemasaran menjadi ujung tombak yang sangat penting bagi sebuah bisnis online. Proses pemasaran memang harus dilakukan secara seksama demi meraih target omset yang sudah ditetapkan. Jadi, Anda tak boleh lupa mengamati proses pemasaran kompetitor bisnis Anda. Belajar bisnis online memang tak lengkap kalau Anda belum menguasai teknik pemasaran yang efektif sesuai perkembangan zaman.

Selera Pasar Tetap Menjadi Acuan Utama

Kompetitor Anda bisa saja keliru menentukan keputusan bisnis. Sehingga Anda tak boleh berpatokan pada kompetior secara menyeluruh. Anda juga harus peka mempertimbangkan selera pasar dalam setiap keputusan bisnis Anda. Jangan lupa bahwa tren dan selera pasar terus berkembang seiring denan perubahan zaman. Anda wajib lebih cermat belajar bisnis online supaya teliti membandingkan langkah kompetitor dengan faktor lain berupa selera pasar.

Mengelola Rencana Jangka Pendek Secara Teliti

Rencana bisnis ternyata tak harus selalu dibuat berdasarkan tujuan jangka panjang. Agar bisnis Anda lebih fleksibel menghadapi perubahan, alangkah lebih baik jika Anda menetapkan rencana jangka pendek secara berkala. Karena rencana jangka pendek tentu jauh lebih mudah disesuaikan dengan perubahan yang terjadi. Anda tak akan kesulitan membidik target pasar berdasarkan karakteristik usia dan perkembangan tren. Manuver bisnis yang Anda lakukan dengan cara mengamati kompetitor pun akan berlangsung lancar.

Berbisnis adalah proses belajar yang harus dilakukan seumur hidup. Tak pernah ada kata cukup untuk belajar berbisnis. Jadi, Anda mesti lebih proaktif ketika belajar bisnis online dari pihak kompetitor.

2 thoughts on “Belajar Bisnis Online Sukses dari Kompetitor? Tentu Saja Bisa!

    • September 24, 2018 at 11:02 am
      Permalink

      Hi Devi,

      Salam kenal ya. Menurut saya, keuntungan berbisnis online itu banyak banget, tapi yang saya rasakan paling menguntungkan adlah:
      1. Modal kecil atau bisa tanpa modal, kalau kita main dropshipping. Hanya modal smartphone/laptop dan kuota internet:), tapi bisa untung besar.
      2. Bisa dikerjakan dari mana saja yang penting ada smartphone / laptop dan tersambung dengan internet.
      3. Market sangat luas, tidak dibatasi oleh tempat dan jarak.
      4. Bisnis Online model affiliate bahkantidak dibatasi oleh tempat,jarak dan waktu
      dan masih banyak lagi lainnya.

      Kerugiannya adalah jika kita malas untuk mempelajari ilmunya, kita jadi tidak bisa menjalankan bisnis online 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *