Belajar Bisnis Online Gak Perlu Muter-Muter

Belajar Bisnis Online Gak Perlu Muter-Muter

Bingung mau belajar bisnis online dari mana? Bukan hanya Anda saja yang merasakan hal tersebut. Ada jutaan orang yang ingin menghasilkan uang dari internet namun tidak tahu harus mulai dari mana. Mau ikut kursus tapi tempatnya jauh atau biayanya mahal. Mau beli ebook tapi belum tentu bisa praktik karena super pemula.

Dan lebih parah lagi, ada banyak lho orang yang sudah bertahun-tahun belajar tentang bisnis online tapi muter-muter begitu saja. Mereka seolah-olah yang berputar-putar saja, tidak ada kemajuan. Mereka terperangkap pada teori bisnis online saja.

Akan tetapi, jika Anda mengikuti tips berikut ini, dua hal tersebut tidak perlu Anda rasakan. Anda tidak perlu bingung harus mulai belajar tentang apa. Dan, pada saat proses belajar, arahnya jelas. Jadi, Anda tidak hanya berputar-putar pada teori saja.

 

Tips Belajar Bisnis Online Pemula

Sangat mudah sekali mencari tips belajar bisnis online untuk pemula. Ketik saja di mesin pencarian dan Anda akan mendapatkan banyak sekali situs yang membahas tentang hal tersebut.

Namun, tips berikut ini beda. Tips ini mengarahkan Anda step by step agar Anda bisa belajar bisnis online secara efektif.

 

  • Ikut Free Course

Siapa bilang tidak ada kursus belajar online gratis. Ada yang bilang kalau gratisan tapi isinya tidak daging. Itu salah besar. Anda bisa coba ikut belajar bisnis online gratis.

Ini beda dengan kebanyakan kursus lainnya. Anda tidak diajarkan tentang teori tapi Anda diarahkan untuk bisa langsung praktik. Jadi, di setiap sesi, akan dijelaskan apa yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, seperti bagaimana membuat website profesional yang mudah, cara mendapatkan pengunjung situs, cara mencari supplier, dan lain sebagainya.

Jadi, Anda tidak hanya diajarkan mengenai mindset berbisnis yang biasanya diberikan di setiap kursus bisnis online gratis. Yang Anda dapatkan adalah ilmu tentang internet marketing yang bisa langsung Anda praktikkan.

 

  • Ikut Webinar

Selain kursus, ada juga webinar. Ini semacam seminar tapi dilakukan secara online. Biasanya, pembicara di webinar ini adalah seorang praktisi bisnis online yang sudah berpengalaman. Bisa saja background pendidikannya bukan dari sekolah bisnis online. Tapi, banyak orang yang belajar otodidak lalu ingin membagikan ilmu serta pengalamannya dengan mengadakan webinar.

Webinar ini bisa diikuti oleh siapa saja asalkan memiliki peralatan seperti komputer, laptop, dan juga koneksi internet. Daftar saja di webinar. Ada yang gratis dan juga ada yang berbayar. Kalaupun yang berbayar, biayanya murah karena tidak seperti seminar di mana panitia harus mengeluarkan banyak sekali uang untuk tempat dan lain sebagainya. Jadi, tiket webinar ini jauh lebih murah dibandingkan dengan seminar biasa.

Di dalam webinar, biasanya tidak hanya strategi marketing online saja yang didapatkan. Anda juga bisa mendapatkan insight baru mengenai produk seperti apa yang sebaiknya dijual secara online. Tidak jarang juga praktisi yang membagikan informasi mengenai produk yang dijual dengan sistem dropship.

 

  • Belajar di Kelas Profesional

Mengikuti kursus belajar internet marketing gratis serta webinar menjadi pondasi utama agar Anda tahu sekilas mengenai apa itu bisnis online. Dan jika Anda sudah ada bayangan seperti apa itu bisnis online, Anda bisa melakukan ekspansi. Tentu saja Anda sudah bisa menjalankan bisnis online dengan hanya menguasai apa yang dijelaskan di kelas gratis dan juga webinar. Namun, Anda harus tahu dunia internet marketing itu selalu berkembang. Semakin banyak orang yang terjun serius di dunia bisnis ini. Bahkan perusahaan yang besar sekalipun mulai melakukan pemasaran secara online.

Oleh sebab itu, tidak salah jika Anda mulai belajar di kelas profesional. Modal yang harus Anda keluarkan memang tidak sedikit. Namun, dengan waktu yang sangat pendek, modal tersebut akan segera kembali lagi karena bisnis online Anda bisa berkembang begitu cepat.

Setidaknya langkah-langkah tersebut yang tidak akan membuat Anda bingung dan juga tidak merasa tersesat ketika belajar bisnis online.

 

Bisnis Online Tidak Butuh Modal Banyak

Ada yang bilang bisnis online itu mudah. Bisnis online bisa dijalankan dengan modal nol. Pernyataan tersebut bisa saja benar tapi juga salah.

Anda bisa saja memanfaatkan media sosial untuk berjualan. Media sosial itu gratis. Hanya saja, apakah Anda bisa sukses dengan hanya mengandalkan media sosial? Untuk saat ini memang ya. Namun, di tengah kompetisi bisnis online yang semakin ketat, sepertinya tidak cukup jika Anda hanya mengandalkan media sosial.

Anda membutukan media lain seperti website. Kuasai mesin pencarian. Buat website Anda di halaman pertama. Dapatkan ratusan pengunjung setiap harinya. Itu artinya potensi Anda mendapatkan customer semakin besar.

Strategi marketing online juga harus terus diperbaharui. Tetap saja Anda bisa menfaatkan media sosial seperti Facebook. Tapi, Anda juga perlu tahu apa itu Facebook Ads, sebuah layanan yang membuat Anda bisa mentarget customer yang bisa Anda tentukan sendiri.

Tentu saja Anda tidak hanya bisa berjualan di internet. Ada banyak sekali model bisnis online seperti publisher, reseller, dropshipper, product owner, affiliate marketer, dan lain sebagainya.

Jadi, jika Anda benar-benar ingin menjalankan bisnis online untuk masa depan, Anda tidak hanya bisa mengandalkan yang gratis saja. Asal Anda tahu pebsinis online yang sukses sudah bisa dipastikan mengeluarkan uang yang banyak, entah itu untuk belajar dari para ahli ataupun melakukan testing pasar. Dan semua yang terkait dengan belajar bisnis online itu harus Anda jalani step by step.

2 thoughts on “Belajar Bisnis Online Gak Perlu Muter-Muter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *