7 Pekerjaan Ini Diprediksi akan Hilang di Masa Depan

7 Pekerjaan Ini Diprediksi akan Hilang di Masa Depan

Perkembangan teknologi ternyata dapat menyebabkan hilangnya beberapa pekerjaan di masa mendatang. Karena pekerjaan-pekerjaan tersebut bisa digantikan dengan kecanggihan teknologi buatan manusia. Pekerjaan yang akan hilang tentu akan berdampak pada meningkatnya jumlah pengangguran.

Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI bahkan telah memprediksi penurunan permintaan terhadap pekerjaan tertentu hingga tahun 2030.

Ingin tahu apa saja pekerjaan yang akan hilang di masa depan? Inilah Ulasannya!

Kasir

Pekerjaan sebagai kasir diprediksi dapat digantikan oleh robot atau sistem canggih yang terintegrasi pada seluruh bagian toko. Hal ini sudah dibuktikan oleh JD.ID yang membuka toko tanpa kasir pertama di Indonesia pada awal Agustus 2018. JD.ID mengombinasikan teknologi face detection yang terhubung dengan akun e-commerce-nya melalui smartphone.

Teknologi pembayaran otomatis via kartu kredit juga turut mendukung implementasi toko tanpa kasir tersebut. Bukan mustahil jika teknologi toko tanpa kasir akan semakin banyak diaplikasikan beberapa tahun mendatang.

Pegawai Fast Food

Teknologi toko fast food di masa depan diperkirakan akan mengadopsi konsep layar sentuh untuk memesan makanan. Beberapa gerai makanan di Jepang bahkan sudah mulai memberlakukan sistem ini. Sehingga para pelanggan fast food tak butuh pegawai untuk menerima orderan dan menyiapkan makanan yang dipesan.

Teller Bank

Teller bank merupakan pekerjaan yang akan hilang dan mulai mengalami penurunan permintaan sejak tahun 2014. Proyeksi penurunannya bahkan mencapai 8% pada periode 2014-2024. Kini, masyarakat lebih suka mengandalkan Automatic Teller Machine (ATM) atau internet banking yang lebih praktis dan real time.

Travel Agent

Ancaman lainnya juga harus dihadapi oleh travel agent konvensional. Di era digital saat ini, orang lebih menyukai proses booking langsung melalui internet bila akan berlibur atau melakukan perjalanan bisnis. Itulah sebabnya travel agent konvensional harus beralih ke ranah digital. Agar proses booking dan pengurusan akomodasi perjalanan menjadi lebih praktis dan hemat biaya.

Staf Telemarketing

Di masa depan, staf marketing juga digadang-gadang menjadi salah satu pekerjaan yang akan hilang. Karena pekerjaan ini bisa digantikan dengan integrasi robot dan kecanggihan teknologi. Di samping itu, kontak dari telemarketing sering kali dianggap mengganggu, memaksa, dan identik dengan pencurian identitas si penerima telepon. Para pengembang teknologi pasti akan menyiapkan sistem pengganti yang lebih efektif dan menarik dibandingkan teknik telemarketing konvensional.

Pustakawan

Tak ada yang bisa memastikan bahwa pekerjaan sebagai pustakawan masih akan bertahan di masa mendatang. Sebab kini akses dan harga e-book jauh lebih murah dan beragam. Sekalipun perpustakaan konvensional masih diminati, sistemnya bisa diintegrasikan dengan teknologi yang lebih canggih. Meminjam dan mengembalikan buku jadi jauh lebih mudah tanpa harus melibatkan staf pustakawan.

Pegawai Pos

Aktivitas surat menyurat kini sudah tergantikan dengan sistem surat elektronik yang lebih praktis, real time, dan bisa dilakukan di mana saja. Hal ini jelas menjadi ancaman tersendiri bagi para pegawai pos yang bernaung di bawah lembaga pemerintahan negara. Sementara itu, urusan pengiriman paket dan barang-barang berukuran besar kini bisa ditangani oleh perusahaan jasa yang dikelola oleh swasta. Bila perusahaan pos negara tidak menciptakan inovasi dan meningkatkan kualitas pelayanan, bukan mustahil jika pekerjaan sebagai pegawai pos hanya tinggal kenangan.

Kalau Anda masih menekuni satu dari tujuh pekerjaan yang akan hilang tersebut, berarti sudah waktunya Anda mempertimbangkan untuk beralih pekerjaan. Mulaila mempelajari dunia digital dan bisnis online secara lebih detail. Supaya Anda bisa menekuni pekerjaan yang lebih potensial di masa mendatang. Jangan mau kalah dengan gempuran teknologi yang menyebabkan punahnya beberapa jenis pekerjaan konvensional.

 

Sumber:

https://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/18/04/16/p7a2ex366-ini-pekerjaan-yang-diprediksi-hilang-di-indonesia-pada-2030

https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3724167/7-pekerjaan-yang-akan-hilang-dalam-10-tahun-ke-depan

https://ekbis.sindonews.com/read/1284850/35/toko-tanpa-kasir-terus-bermunculan-bukti-awal-otomatisasi-industri-ritel-dimulai-1519473390

Diakses pada: 9 Agustus 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *